Kamis, 29 November 2012

Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk Di Kelas



Seringkali kita mengantuk saat mengikuti pelajaran, meskipun masih pagi. Mengantuk saat mengikuti pelajaran ada beberapa penyebab, mungkin saja karena anda habis begadang, tidak menyukai pelajaran tersebut atau memang anda yang masa bodoh dengan pelajaran yang sedang diajarkan. Untuk mengatasi ngantuk saat mengikuti pelajaran di sekolah ataupun di kampus, berikut ini tipsnya:

1. Sarapan pagi
Usahakan sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah ataupun kampus. Untuk sarapan pagi jangan banyak-banyak, karena kalau terlalu kenyang yang ada malah akan menambah malas berpikir dan berakhir pada rasa mengantuk di kelas.


2. Jangan begadang
Jangan sering begadang (tidur terlalu larut) saat malam hari. Kadang kta begadang karena untuk belajar agar bisa memahami pelajaran yang akan diajarkan besok oleh guru. Namun belajar sampai larut malam bisa jadi malah akan membuat anda jadi ngantuk esok hari saat sedang mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru akan tidak mampu ditangkap oleh otak anda.


3. Aktif saat di kelas
Maksudnya adalah anda jangan hanya bengong saja dikelas saat di kelas sedang pelajaran berlangsung. Bertanya pada guru saat ada yang tidak dipahami akan mampu membantu menghilangkan rasa mengantuk saat di kelas.


4. Motivasi dari diri sendiri
Berikan motivasi pada diri anda sendiri, bahwa anda tidak boleh mengantuk. Cobalah untuk menyukai mata pelajaran yang sedang diajarkan.


5. Mencuci muka
Mintalah izin keluar kelas untuk cuci muka dan berwudhu. Insyaallah saat kembali ke kelas, kamu akan lebih segar dari sebelumnya. Segarnya air akan membuat ngantuk jadi hilang.


6. Makan Permen
Cobalah makan permen untuk mengusir kantuk. Gak usah banyak-banyak, dan gak usah heboh mengulum atau mengunyah-ngunyah. Cukup di “emut” saja. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indra pengecap mengirimkan berita ke otak tentang makanan. Nah, yang tadinya mata kita redup karena ngantuk, mau gak mau harus melek karena otak yang bekerja untuk melek lagi. Tapi kalau ada larangan makan permen di kelas, sebaiknya ini jangan dilakukan. Tunggu saat istirahat.


7.Duduk di depan.

Kebanyakan orang yang ngantukan ( sering ngantuk ), suka memilih duduk di belakang, biar kalau ketiduran, gak ketahuan. Ternyata cara ini justru bisa memelihara ngantukmu. Coba kalau kamu duduk di depan. Dengan duduk di depan, kamu jadi lebih waspada. Kewaspadaan kamu malah membuat tubuh kamu otomatis ikut waspada. Ibaratnya, tubuh kamu dalam keadaan selalu “STAND BY!!”.


8. Duduk Tegak.
Tahukah kamu? Postur tubuh yang kurang oke, bisa bikin otot jadi lelah. soalnya otot dan sendi-sendi kita jadi kerja ekstra dibanding kalo tubuh kita lurus/tegak secara tepat. Kalau otot sudah lelah, itu bisa menurunkan aliran darah ke otak sampai 30%!.

9. Merenggangkan otot.
Kegiatan ini cukup dilakukan di bangku saja. Tarik tanganmu ke atas dan ke samping kiri-kanan. Renggangkan otot lehermu. Kalau guru atau dosen bertanya kamu lagi ngapain, bilang saja terus terang kalau kamu lagi perenggangan otot biar gak ngantuk.

10. Latihan Pernapasan.
Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan selama 30 detik. Mengisi paru-paru sampai ke dasar membantu kamu bikin tubuh tetap terjaga, karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen.





Daftar Pustaka : (http://www.inicaraku.com dan http://saihack.wordpress.com)

1 komentar: